Ucapan Selamat Idul Fitri Hadir di Perangko Amerika

Sirpa – Kali Pornia

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2013 nanti yang  kalau di Indonesia dirayakan pada tanggal 8 Agustus 2013 , tentunya banyak ibu sudah ancang ancang mempersiapkan bahan bahan  untuk bikin kueh,  bikin ketupat dalam merayakan  hari Lebaran  bersama dengan   sanak saudara , handai tolan yang datang bersilaturahmi  saling memaafkan kesilapan masing masing individu

Atau ada juga ibu ibu yang  mulai membelikan baju baru buat anak anak, atau buat sang suami nya dibelikan sarung dan songkok yang baru pula dan  akan dikenakan pada Hari H nya .

Tak kalah dengan kemeriahan penyambutan Hari Raya Idul Fitri  2013 tadi, maka jawatan urusan  perkantoran pos-an Amerika yg dikenal dgn nama The United States Postal Service (USPS) pun merencanakan untuk menerbitkan ulang  perangko / stamps  yang akan diluncurkan pada tanggal 8 Agustus 2013 , yg bersamaan dengan perayaan  Hari Raya Idul Fitri 2013.

Rencana diluncurkan pada 8 Agustus 2013 (dok: beyond the perf.com )

 Dengan berlatar belakang berwarna hijau  dengan kaligrafi yg diambil dari perangko yang serupa yang pernah terbit pada tahun 2011 .

Perangko Eid Greetings 2013 ini adalah didedikasikan untuk memperingati dua Hari  Raya Eid yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha (yang mana Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 15 Oktober 2013 )

Seperti halnya  perangko Holidays Celebrations Series lainnya maka  perangko peringatan Hari Raya  Eid  dicetak dalam kategori Forever yang maksudnya ialah perangko yang bertuliskan kata Forever walaupun ada kenaikan tarip pos First Class Mail maka  perangko yang pernah anda beli pada  3 atau 5 tahun yang lalu  tetaplah memiliki nilai yang   sama dengan nilai  First Class Mail hari ini .

Bukanlah perangko Eid Greetings yang pertama.

Ya , betul sekali!

Perangko Eid Greeting 2013  yang  berisi tulisan  kaligrafi   Arab  seperti  gambar diatas , bukanlah perangko Eid Greetings yang pertama dicetak di Amerika.

Sejarah per-perangkoan Amerika sudah mencatat bahwa yang mula mula menjadi perangko pertama ialah  perangko Eid Greeting adalah perangko yang dicetak pada tahun 2001 ketika Presiden George Bush masih berada di Gedung Putih.

Perangko Eid Greetings yang PERTAMA kali diluncurkan pada 2001 ( dok : White House)

Perangko yang di desain oleh  Mohamed Zakariya seorang artis beragama Islam yang berasal dari Arlington  Virginia , USA.

Dengan menggunakan Skrip Thuluth (Arab: Tulut ) , ia menuliskan frasa Arab ” Eid Mubarak ”  yang dipadukan dengan ” Eid Greetings ” dalam bahasa Inggris .

Semula coretan coretan artistik  Zakariya  ini dibuat dalam warna Hitam-Putih , lalu dicomputerized  dengan tinta berwarna emas serta  berlatar belakang  biru .

Pada tahun 2011  Perangko Eid Greetings pernah hadir dengan warna yang tak kalah  menarik   yaitu burgundy

Si Burgundy 2011 Eid Greetings

Terima kasih sudah membaca .

Sumber :

Thuluth Wikipedia

Klarifikasi White House atas perangko 2001 Eid Greetings

Beyond the Perf  USA Philatellic

About windmill

Seorang hamba Allah SWT yang terus berusaha bersemangat dalam menjalani hidup. Suami yang berusaha untuk setia dan bertanggungjawab. Ayah yang berusaha menyayangi dan menjadi teladan.
This entry was posted in Repost, Teropong Negeri Emas and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s