Transportation Security Administration (TSA) Menyikapi Bulan Puasa di AS

Sirpa – Kali Pornia

 Pertama sekali perlu saya jelaskan terlebih dahulu apa dan siapa Transportation Security Administration ( TSA ) itu ?

TSA adalah badan resmi pemerintah Amerika yang menangani hal-hal yang menyangkut keamanan yang berhubungan dengan urusan transportasi, seperti penerbangan udara ( termasuk pemeriksaan sewaktu check in, pemeriksaan bagasi dllnya ), kereta api, transit, jalan raya, dan sektor pipa natural gas, bahan bakar maupun pipa benda cair yang berbahaya (hazardous liquid).


Foto:www.railpol.eu

Setiap hari di seluruh Amerika Serikat (AS), TSA ini harus mengechek setidaknya hampir 2 juta penumpang pesawat udara yang lalu lalang di bandara AS. Mereka juga harus memonitoring ratusan ribu miles kondisi jaringan pipa hazardous liquid, maupun jutaan miles panjang pipa yang mendistribusikan gas alam.

Pada mulanya TSA ini ada dibawah naungan Department of Transportation, namun kini sudah berada dibawahDepartment of Homeland Security.


                                                         Pemeriksaan di airport (dok : www.tsa.gov )

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan 2013 ini, pihak penguasa TSA menghimbau warga AS yang akan pergi melancong agar tidak kaget akan kegiatan yang terjadi selama bulan suci Ramadhan yang dimulai pada hari Selasa 9 Juli 21013 dan akan berakhir pada Kamis 8 Agustus 2013 mendatang.

Ramadan merupakan Bulan Suci bagi umat yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Dalam bulan Ramadan ini,  para pelancong kadang harus menjumpai seseorang atau grup yang tengah menjalankan ibadah sembahyang baik di ruangan di airport ataupun di dalam cabin pesawat terbang.

Arahan penguasa TSA lebih khusus ditekankan kepada petugas sekuriti TSA yang bertugas di lapangan dan segenap gugus tugas pekerja di bandara maupun pekerja di perusahaan penerbangan, agar lebih memahami secara signifikan kepada warga Muslim yang akan bepergian.


Foto:www.usatoday.com

Adapun arahan yang disebar-luaskan tersebut adalah:

  • Penumpang yang sedang ber-puasa pada umumnya berprinsip menjauhkan diri dari minuman, makanan, merokok dan perbuatan asusila lainnya
  • Penumpang yang sedang berpuasa, kadangkala menjalankan sholat baik itu ketika berada di ruang tunggu di bandara maupun berada di dalam pesawat.
  • Sebelum melakukan sholat terlebih dahulu melakukan wudhu, yang dapat dilaksanakan di kamar mandi di bandara
  • Penumpang yang sedang berpuasa, kadangkala membaca atau mendengarkan ayat kitab suci Al Quran baik di bandara maupun di dalam pesawat
  • Penumpang yang sedang berpuasa, biasanya membawa tasbih dan selalu mengucapkan doa secara berbisik halus dan terus menerus.

Demikian penjelasan dari TSA.

Terimakasih anda sudah membaca

SUMBER: Traveling During Ramadan

 

About windmill

Seorang hamba Allah SWT yang terus berusaha bersemangat dalam menjalani hidup. Suami yang berusaha untuk setia dan bertanggungjawab. Ayah yang berusaha menyayangi dan menjadi teladan.
This entry was posted in Repost, Teropong Negeri Emas and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s