Houston, Mission Accomplished !

Penulis : Sirpa – Kali Pornia

Tugu peringatan gugurnya crew Columbia, di Taman Makam Pahlawan Arlington, Washington DC

Karena di kota Houston, Texas inilah terletak pusat pengontrolan peluncuran pesawat ruang angkasa.

Tetapi sebaliknya, setiap peluncuran pesawat antariksa atau ruang angkasa lainnya, yang dilaksanakan di kota yang berbeda, seperti diKennedy Space Center, Florida.

Entah itu pesawat Apollo atau pesawat ruang angkasa lainnya seperti Columbia dan lainnya tetap diluncurkan dari Florida, tapi nama sandinya Houston.

Bahkan sering terdengar kalimat one liner yang sudah jamak seperti: Houston, we have problem!  Atau kalauspacecraft nya setelah mengorbit bumi dan mau kembali ke bumi, maka akan terdengar nada panggilan seperti:Houston, we are coming home!

Pesawat ulang-alik Endeavour yang menjalankan Mission 26 yang merupakan misi penerbangan non orbit, maksudnya inilah penerbangannya yang ke 26 kalinya yang akan berakhir di LAX-Los Angeles International Airport baru-baru ini atau tepatnya 14 Oktober 2012

Pesawat Endeavour akan dipersembahkan kepada publik yang berniat mengunjunginya di Museum tempat ia bersemayam,  yaitu di California Science Center di kota Los Angeles

Pesawat ulang-alik pendahulu yang terlebih dahulu hadir sebelum pesawat Endeavour ialah sebagai berikut:

1. Columbia.

Nama ini diambil dari nama kapal layar Columbia yang dinakhodai oleh Captain Robert Gray, yang melakukan eksplorasi di pantai sebelah barat laut Amerika di tahun 1787-1790.

Tahun pembuatan pesawat: 1972 . Lamanya mengudara di Space: 300 hari. Misi: 28 Flightsmissions . Number of Orbits: 4,808 kali. Pesawat Columbia hancur pada: 1 Februari 2003 .
Ketujuh astronot/crew tewas sewaktu pesawat akan re-entry kembali ke bumi. .

2. Challenger.

Nama pesawat ini diambil dari nama kapal perang sejenis corvette milik Inggris bernama HMS. Challenger, yang melakukan perintisan riset kelautan di tahun 1872- 1876

Tahun pembuatan pesawat: 1979. Lamanya mengudara di space : 62 hari . Misi: 10 FlightsNumber of orbits: 995 kali.

Pesawat Challenger hancur pada: 28 Januari 1986. Dua menit setelah pesawat tersebut liftoff dari tempat peluncuran dan langsung meledak. Tujuh orang astronot/crewnya tewas.

                                                        Pesawat Challenger yang nahas

3. Discovery

Nama ini diabadikan dari salah satu kapal perang Inggris HMS. Discovery, yang dikomandani oleh Captain James Cook pada tahun 1776 – 1779.

Tahun pembuatan pesawat : 1979. Lamanya mengudara di space: 365 hari ( setahun penuh ). Misi: 39 Flights.Number of Orbits: 5,830 kali.

Discovery mengirimkan Hubble Space Telescope. Teleskop ini adalah yang terbesar untuk memenuhi kebutuhan riset dibidang astronomy, yang dengan sukses berhasil dikirim ke ruang angkasa dengan menumpang pesawat Discovery.

Tanggal 19 April 2012, pesawat Discovery dimusiumkan di Steven F. Udvar-Hazy Center, yang merupakan bagian dari NASA – The National Air and Space Museum, di kota Washington, D.C.

4. Atlantis

Asal mula nama pesawat Atlantis ini diambil dari nama kapal layar RV Atlantis. Dia merupakan kapal riset kelautan milik perusahaan nirlaba Woods Hole Oceanographic Institution, yang pernah aktif melakukan riset pada tahun 1933 – 1966.

Tahun pembuatan pesawat: 1979. Lamanya mengudara di space: 306 hari. Misi: 33 FlightsNumber of orbits: 4,848 kali. Kini Atlantis bisa dikunjungi di Kennedy Space Center Visitor Complex di Merrit Island, Florida.

5. Endeavour.

Pemberian nama untuk pesawat ini diambil dari nama kapal HMS. Endeavour yang juga adalah salah satu kapal perang milik Inggris, dibawah komando kapten James Cook. Proses penamaan ini sempat menimbulkan kontroversial. Pihak NASA (Badan Ruang Angkasa Amerika) tidak menggunakan nama Endeavor ( sebagaimana pengejaan dalam bahasa American-English). Tetapi pihak NASA menggunakan nama Endeavour  sesuai pengejaan bahasa British-English).

Tahun pembuatan pesawat: 1987. Lamanya mengudara di space: 296 hari. Misi: 26 FlightsNumber of orbits: 4,671 kali. Endeavour kini memiliki alamat ‘rumah’ nya yang baru yaitu di California Science Center, Los Angeles.

6. Enterprise

Pesawat ini selesai dibuat pada 17 September 1976. Awalnya akan menggunakan nama Constitution dikarenakan bertepatan dengan Contitution Day di Amerika yang jatuh bersamaan pada saat rampungnya pembuatan pesawat ini.

Tersebutlah Trekkie atau Trekker yang merupakan fans yang menyukai cerita-cerita science fictions tentang film Star Trek dengan pesawat USS. Enterprise nya. Nah, para Trekkies maupun Trekkers lalu mengirim surat permohonan kepada Presiden Jimmy Carter, agar penamaan pesawat spaceship yang baru saja selesai dibangun ini agar menggunakan nama USS. Enterprise. Alhasil, presiden Jimmy Carter pun menyetujui penggunaan nama tersebut.

                                                      USS Enterprise dalam film Star Trek

Pesawat Enterprise ini dirancang tanpa mesin dan heat shield. Dia dianggap tidak kapabel untuk disebut sebagaispaceship dan mengorbit ke bumi. Selain itu juga pesawat Enterprise ini hanya digunakan sebagai test flightbelaka. Itulah sebabnya hingga pesawat ini tidak pernah diberangkatkan menuju space.

Sejak 17 April 2012 , Enterprise kini mendiami The Empire State Aerosciences Museum, New York. Yaitu suatu museum yg bersifat nirlaba dan terbuka untuk umum buka hanya pada hari Jumat , Sabtu dan Minggu.

KoKiers yang berbahagia,
Pada bagian selanjutnya saya akan menampilkan gambar gambar sewaktu pesawat ulang-alik Endeavour melakukan journey nya yang terakhir ( dikenal dengan sebutan Mission 26 ) menuju Los Angeles (LAX) dengan terbang melewati kota San Francisco bahkan ada pula gambar-gambar sewaktu dari LAX dengan melalui jalan darat menuju lokasi California Science Center.

Ada sekitar duapuluh-an organisasi nirlaba yang berminat penuh untuk memohon agar dapat “memiliki” pesawat Endeavour guna dijadikan penghuni museum mereka. Tetapi pihak NASA menetapkan keputusannya agar California Science Center dipercayakan menjadi tempat kediaman permanen untuk menikmati masa ‘pensiun’ nya sebagai tempat tujuan akhir dari misi pesawat Endeavour. Yang kini digunakan buat berbagi ilmu kedirgantaraan bagi umat manusia pada umumnya, terutama penduduk di sekitar Los Angeles pada khususnya.

                                                                      Ruang cockpit Endeavour

Pesawat Endeavour beberapa saat sebelum docking / bergabung dgn International Space Station (ISS) – photo ini diambil dari atas ISS

Sebagian dari pulau Sumatera yang diambil gambarnya oleh Endeavour, sewaktu mengorbit

Pulau Kalimantan

Bersiap siap tinggal landas dari Kennedy Space Center di Florida menuju Los Angeles, 14  Oktober 2012

Di atas Golden Gate San Francisco

Di atas Jembatan Bay Bridge – jembatan yang menghubungkan kota Oakland  dan San Francisco

 Di atas kota San Francisco

 Bersiap siap mendarat di Los Angeles ( LAX )

 Melintas di atas Freeway 405 – Los Angeles

 Sambutan meriah dari penduduk Los Angeles

 Mendapat pengawalan ekstra oleh polisi naik onthel

Demikianlah journey perjalanan pesawat ulang-alik Endeavour dan selama “berjalan” di atas jalan-jalan kota Los Angeles, ada hal yang menarik dalam perjalanan dari Airport International Los Angeles menuju California Science Center ini yang jaraknya hanya 12 Miles ialah:

Kecepatan melaju di atas jalan selama digandeng ialah hanya 2 miles per jam . Padahal kalau pesawat Endeavour melesat keudara menuju ke orbit, bisa mencapai kecepatan 17,000 miles per jam nya dan hanya memerlukan 90 menit pesawat ini sudah memasuki orbit.

Selama proses berjalan menuju museum ini, sebanyak 400 pohon di tepi jalan terpaksa harus ditebang, karena dianggap akan menyentuh sayap pesawat.

Terima kasih sudah membaca.

About windmill

Seorang hamba Allah SWT yang terus berusaha bersemangat dalam menjalani hidup. Suami yang berusaha untuk setia dan bertanggungjawab. Ayah yang berusaha menyayangi dan menjadi teladan.
This entry was posted in Berbagi, Repost. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s