Harmonisasi Alam

Sebuah pelajaran berharga yang secara tidak langsung telah diajarkan oleh alam dan mungkin jarang sekali diangkat sebagai topik pembicaraan adalah bagaimana sesungguhnya alam ini berlangsung melalui sebuah rangkaian proses dan susunan berbagai elemen yang saling terkait satu sama lain. Masing-masing elemen tersebut tersusun atas beberapa elemen yang lebih kecil lagi dimana satu sama lain elemen saling menguatkan dan saling mempengaruhi. Seperti ilmu tentang faal tubuh manusia dimana tubuh ini tersusun atas berbagai organ dan jaringan lalu masing-masing organ dan jaringan itu tersusun dari jutaan sel yang di tiap-tiap sel tersebut membawa karakter masing-masing di setiap DNA yang berada dalam kromosom. Itulah keharmonisan yang telah terjalin dan kemudian menyusun mahluk hidup dengan kesempurnaannya.

Sebuah tegakan hutan yang jika dilihat dari atas akan tampak seperti sebuah karpet hijau, jika dilihat lebih dekat lagi akan terlihat jelas bahwa hutan merupakan area yang dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan dan mahluk hidup lainnya, dimana setiap jenis tumbuhan dan mahluk hidup lainnya saling mengisi tanpa menimbulkan kerusakan. Jika tidak ada gangguan/campur tangan manusia maka kelangsungan hidup dalam hutan akan berlangsung dengan baik yang ditandai dengan keanekaragaman hayati yang terjamin kelangsungannya tanpa harus menghadapi resiko kepunahan.

Sebuah pelangi di langit tampak begitu indah dipandang mata. Melalui ilmu pengetahuan maka diketahui bahwa pelangi itu tercipta dari pembiasan cahaya matahari oleh bulir-bulir air di atmosfer dan jelaslah pula bahwa pelangi tersebut terdiri atas berbagai warna solid yang memiliki karakter yang berbeda. Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Unggu merupakan warna-warna penyusun dari struktur pelangi dan tiap-tiap warna tersebut saling melengkapi kemudian menghasilkan rangkaian warna yang sangat indah.

Sebuah musik terdengar begitu indah mengalun, bahkan mampu merubah suasana hati menjadi lebih tenang, bersemangat, atau terharu. Musik tersebut merupakan susunan atas berbagai alat musik yang tiap-tiapnya memiliki karakteristik nada dan suara yang berbeda, bahkan musik tersebut semakin lengkap dengan iringan suara vokalis yang menyanyikan lirik-lirik indah.

Dipermukaan bumi udara menyelimuti dan selalu menjadi bagian penting bagi kelangsungan hidup setiap mahluk. Udara itu sendiri sesungguhnya tersusun dari berbagai unsur seperti Oksigen, Hidrogen, Helium, dan lain sebaginya. Oksigen yang memiliki fungsi paling penting hanya merupakan bagian kecil dari struktur penyusun udara, namun fungsi oksigen di dalam udara tidak tertutupi oleh unsur gas lainnya di muka bumi.

Semua yang Allah ciptakan dimuka bumi adalah sebuah keseimbangan yang sempurna, tidak ada satu pun yang sia-sia. Setiap unsur memberikan manfaatnya masing-masing, saling melengkapi dan saling menutupi kekurangan yang ada. Keberagaman yang tercipta tidak menjadi kendala dalam menciptakan keharmonisan.

Perbedaan yang ada di alam merupakan sebuah potensi yang besar dan menjadi anugerah bagi kelangsungan hidup setiap mahluk, karena perbedaan tersebut tidak dijadikan sebagai jurang pemisah dalam interaksi antar mahluk hidup. Maka berkaca pada alam akan membuat kita sadar bahwa perbedaan adalah sebuah keniscayaan dan manakala disikapi dengan positif akan menghasilkan sebuah kekuatan besar dalam menciptakan keharmonisan dalam bermasyarakat.

About windmill

Seorang hamba Allah SWT yang terus berusaha bersemangat dalam menjalani hidup. Suami yang berusaha untuk setia dan bertanggungjawab. Ayah yang berusaha menyayangi dan menjadi teladan.
This entry was posted in Teropong Negeri Emas and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s